Yuk Nabung Saham

(Last Updated On: 8 Juni 2018)

Pernahkan anda mendengar frase ini ? Bila belum tidak apa-apa, saya akan memaparkannya disini. Sejak kecil kita sudah diperkenalkan dengan konsep menabung itu sendiri, konsep dari nabung saham juga tidak berbeda jauh dengan hal tersebut, tidak perlu pusing terkait dengan Gerakan Yuk Nabung Saham ini karena saya akan menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga harapannya dapat memberikan penjelasan yang berguna terkait dengan kampanye Yuk Nabung Saham ini.

APA SIH YUK NABUNG SAHAM ITU ?

Yuk Nabung Saham adalah sebuah gerakan yang mengkampanyekan pentingnya investasi saham kepada seluruh masyarakat Indonesia. Gerakan ini diselenggarakan oleh PT Bursa Efek Indonesia atau yang dikenal dengan nama BEI.

LATAR BELAKANG :

Gerakan ini muncul karena masih kurangnya jumlah investor domestik di dalam pasar bursa Indonesia. Diharapkan dengan adanya gerakan ini akan memicu kebutuhan masyarakat akan investasi saham yang sangat banyak manfaatnya.

LOGO :

Logo YNS
Sumber : yuknabungsaham.idx.co.id

KONSEP DASAR :

Seperti yang dapat dilihat dari namanya, Yuk Nabung Saham, gerakan ini berusaha menanamkan kebiasaan untuk menabung saham kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Jadi gerakan YNS ini cukup mudah diterapkan oleh siapapun, caranya mudah, setelah anda memiliki akun rekening saham, anda dapat membeli saham-saham yang cukup baik fundamentalnya dan secara rutin menambah jumlah kepemilikan saham tersebut.

Bagaimana memilih saham yang berfundamental baik ? Anda dapat melihatnya pada DISINI

Tidak ada kewajiban bagi anda untuk menabung saham ini setiap bulan, cukup bila anda sempat, namun bila bisa menabungnya secara rutin itu lebih baik. Menabung saham secara rutin merupakan hal yang baik terutama bila anda menginvestasikan uang anda pada perusahaan-perusahan besar yang memiliki kapitalisasi  yang besar atau lebih sering dikenal dengan nama SAHAM BLUECHIP. Saham- saham yang memiliki kapitalisasi besar biasanya harga sahamnya tidak terlalu fluktatif atau sering naik turun. Namun biasanya saham-saham yang berkapitalisasi besar ini selalu meningkat harga sahamnya seiring berjalannya waktu, hal ini sangat baik bagi investor yang memiliki rasa takut yang tinggi akan kehilangan uangnya.

Gerakan ini sangat esensial bagi anda yang baru ingin menjadi investor di pasar modal. Saya selalu menjadikan gerakan ini menjadi konsep dasar dari apa itu investasi sendiri. Bagi saya investasi tidaklah berbeda jauh dari menabung, hanya memiliki resiko kecil namun memberikan imbal balik yang cukup memuaskan dibanding dengan bunga yang diberikan oleh  pihak bank.

Our Favorite Holding Period is FOREVER 

-Warren Buffet

Petikan diatas juga secara tidak langsung mendukung gerakan ini, dimana Warren Buffet yang dikenal dengan kesuksesannya dalam dunia investasi sendiri pun menyarakan kita untuk tetap mempertahankan saham kita sendiri bila kita telah yakin dengan perusahaan tersebut. Namun sebelum anda yakin untuk mempertahankan suatu saham untuk selamanya diperlukan analisa yang mendukung keputusan anda sendiri, jangan hanya membeli saham berharga murah namun perhatikan juga value dari saham tersebut.

Artikel menarik : Price Vs Value dalam menentukan saham

KESIMPULAN :

Jadi keseimpulan yang bisa anda dapatkan dari artikel ini adalah :

  1. Gerakan Yuk Nabung Saham bertujuan untuk membuka wawasan masyarakat terkait dengan investasi saham
  2. Gerakan Yuk Nabung Saham dapat dilakukan oleh siapapun, karena tidak perlu panduan teknis yang ribet, hanya perlu secara rutin membeli saham dari perusahaan besar.
  3. Gerakan Yuk Nabung Saham mengajak anda semua untuk berinvestasi di pasar modal

Untuk memulai berinvestasi saham, anda dapat membaca artikel :

 

Semoga apa yang telah saya paparkan dapat berguna bagi saudara semua

Terima kasih…

 

Ayo Bagikan Informasi ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *