4 Langkah Mudah Investasi Reksadana

(Last Updated On: 8 Juni 2018)

Setelah mengenal apa itu reksadana, mungkin anda bertanya-tanya

“Bagaimana caranya saya investasi reksadana ?”

Oleh karena itu saya akan menjelaskan secara lengkap 4 Langkah Mudah Investasi Reksadana

Mari kita lihat gambaran besar dari langkah mudah investasi reksadana :

Langkah Mudah Investasi Reksadana :

Sekarang mari kita lihat penjelasan lebih lengkapnya…

4 Langkah Mudah Investasi Reksadana

1. Tentukan Tujuan

Sebelum memulai sesuatu pasti anda harus menentukan tujuan bukan ?

Penentuan tujuan sebelum berinvestasi reksadana memungkinkan anda memilih reksadana yang tepat untuk anda, karena setiap jenis reksadana memiliki resiko yang berbeda-beda sesuai dengan jangka waktu investasinya.

Bila anda hanya ingin berinvestasi selama 1 tahun maka yang cocok adalah REKSADANA PASAR UANG, namun berbeda jika anda ingin berinvestasi lebih lama, misalkan 10 tahun, makan REKSADANA SAHAM lah yang cocok untuk anda. Selain kedua reksadana diatas masih ada dua lainnya, anda dapat melihatnya di :

Disini lah mengapa menentukan tujuan sangat penting sebelum membeli reksadana, karena semakin anda mengenal jenis-jenis reksadana dan tujuan investasi anda, maka anda dapat memaksimalkan hasil investasi anda dan mengurangi resiko berkurangnya uang anda.

2. Daftar

Setelah menentukan tujuan dari investasi reksadana anda, mari kita mulai untuk membeli reksadana

DImana sih daftarnya ?

Sekarang sudah banyak lembaga-lembaga keuangan yang menyediakan platform untuk membeli reksadana secara online, tidak seperti dulu yang harus repot-repot pergi ke bank, sekarang anda dapat membeli reksadana di gadget anda masing-masing, mudah bukan ?

Ada dua supermarket reksadana yang populer di Indonesia yaitu :

  • IpotFund
  • Bareksa

Mungkin bagi anda yang baru terjun ke dunia investasi kedua nama tersebut tidaklah familiar di telinga anda, namun bagi anda yang sudah terlebih dahulu masuk ke dunia saham pasti sudah sering mendengar nama diatas.

Sebenarnya bukan hanya dua nama yang saya sebutkan diatas yang menyediakan reksadana secara online, namun kedua platform diatas memang sangat populer dan banyak sekali penggunanya di Indonesia.

Untuk melihat perbandingannya anda dapat membacanya di :

  • IpotFund Vs Bareksa

Kedua platform penjualan reksadana online diatas menyediakan kemudahan bagi anda yang ingin mendaftar, bagaimana tidak, anda dapat mendaftar ke keduanya tanpa harus pergi ke kantor mereka, cukup daftar online dan mengirimkan berkas yang diperlukan melalui pos.

Anda dapat mendaftar ke :

IpotFund  ⇒ www.indopremier.com/ipotfund/

Bareksa    ⇒ www.bareksa.com/id/member/signup

Mudah bukan cara untuk mendaftarnya, cukup ikuti panduan yang disediakan di situsnya masing-masing dan  proses verifikasi data anda juga tidak memerlukan waktu yang lama, sehingga anda bisa dengan segera membeli reksa dana yang anda sesuai dengan tujuan investasi anda.

Selain mudah dalam hal pendaftaran, anda juga hanya perlu uang sebesar Rp 100.000 rupiah untuk membeli reksadana. Sangat terjangkau bukan ? Inilah mengapa reksadana sekarang mulai digemari oleh banyak orang terutama generasi milenial yang sudah cukup melek investasi.

3. Analisis

Sekarang anda sudah memiliki akun untuk berbelanja reksadana, tapi jangan tergesa-gesa untuk membeli reksadana. Walau reksadana tidak seperti saham yang perlu dianalisis secara mendalam, namun sebelum membeli reksadana anda juga perlu untuk melakukan riset dan analisis tentang reksadana yang baik dan cocok untuk anda.

Darimana menilai suatu reksadana bagus atau tidak ?

  • Cek Data

Ada beberapa data yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli suatu reksadana, diantaranya :

  1. Grafik NAV ( Net Asset Value )
  2. Grafik AUM ( Asset Under Management )
  3. Management Fee

Selengkapnya dapa anda cek DISINI

  • Cek Fund Fact Sheet

Melalui Fund Fact Sheet anda dapat mengetahui portofolio dasar dari suatu reksadana, selain itu anda juga dapat mengetahui resiko dari reksadana tersebut. Cukup banyak hal yang dapat anda dapatkan dari membaca fund fact sheet.

Kenapa saya menyarankan membaca fund fact sheet dibanding dengan prospectus ? Simple, karena bagi yang baru memulai prospektus cukup sukar dimengerti dibanding dengan fund fact sheet, FFS juga menyajikan data dalam format yang menarik, tidak percaya ? Cek dibawah ini…

Langkah Mudah Investasi Reksadana : Langkah Mudah Investasi Reksadana : Fund Fact Sheet

 

Menarik Bukan ?

4. Sediakan Dana Secara Teratur

Dalam investasi reksadana yang menjadi kunci adalah konsistensi anda dalam berinvestasi. Bila anda konsisten dapat dipastikan anda akan merasakan profit yang cukup memuaskan.

Sediakanlah dana untuk dibelikan reksadana anda secara teratur setiap bulannya, namun ingat dana yang digunakan untuk membeli reksadana atau investasi lainnya wajib hukumnya merupakan dana sisa atau yang anda anggarkan memang untuk investasi, jangan menggunakan uang yang dibutuhkan dalam waktu dekat.

Sekian artikel dari penulis terkait dengan “4 Langkah Mudah Invest Reksadana”

Semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, dan bila ada pertanyaan atau saran terkait artikel diatas mohon tanpa ragu langsung menuliskannya di kolom komentar atau dengan menghubungi saya melalui laman Contact Us

Terima Kasih telah membaca artikel ini.

Ayo Bagikan Informasi ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *