4 Keunggulan Reksadana Pasar Uang Dibandingkan Dengan Deposito

(Last Updated On: 6 Juli 2018)

Pasti diantara sobat semua masih banyak yang ragu untuk berinvestasi reksadana walaupun memiliki kelebihan yang cukup banyak dibandingkan dengan tabungan biasa. Untuk membuat sobat semua yakin untuk berinvestasi reksadana saya akan memaparkan “4 Keunggulan Reksadana Pasar Uang Dibanding Deposito”.

Bila sobat masih bingung terkait apa itu reksadana pasar uang maupun jenis reksadana lainnya, sobat bisa terlebih dahulu membaca artikel di bawah ini:

Bila sobat sudah membaca kedua artikel diatas pastinya sobat sudah mengerti tentang apa itu reksadana. Jadi tanpa berlama-lama lagi mari kita langsung melihat keunggulan reksadana pasar uang dibanding deposito.

Pasti sobat semua sudah sering mendengar kata deposito dan pastinya sudah banyak yang mengerti dan mengetahui apa itu deposito. Namun bagi yang belum mengetahui apa itu deposito. Tenang saja. Saya akan menjelaskannya untuk anda

Apa itu Deposito ?

Deposito adalah sebuah produk penyimpanan uang di bank dengan sistem penyetoran yang penarikannya hanya bisa dilakukan setelah melewati waktu tertentu.

Deposito sendiri biasanya memiliki waktu jatuh tempo 1, 3, 6 atau 12 bulan lamanya dan bila anda melakukan penarikan sebelum tanggal jatuh temponya maka anda akan dikenakan pinalti.

Sekarang sobat sudah memiliki gambaran tentang deposito kan ? Mari langsung kita lihat keunggulan reksadana pasar uang dibanding deposito.

4 Keunggulan Reksadana Pasar Uang Dibanding Deposito

1. Modal Kecil

Semua orang yang baru mencoba sesuatu yang baru pasti memiliki ketakutannya masing-masing. Dalam hal investasi pasti yang ditakutkan adalah kehilangan uang dalam jumlah yang besar.

Nah untuk informasi investasi pada Reksadana Pasar Uang bisa dimulai hanya dengan 100 ribu saja. Jadi sobat tidak perlu takut untuk kehilangan uang sobat sekalipun rugi(namun biasanya tidak akan rugi, karena reksadana pasar uang biasanya stabil naik)

Selain mengurangi rasa takut, modal yang kecil juga menjadi keuntungan bagi sobat semua yang memiliki modal tidak terlalu besar untuk mengembangkan modal tersebut. Bayangkan hanya dengan uang sebesar 100 ribu sobat sudah bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dibandingkan deposito yang mewajibkan menyetorkan deposit yang cukup besar nominalnya.

Bisa dilihat pada gambar dibawah jumlah uang yang dibutuhkan untuk setoran awal deposito pada salah satu bank besar di Indonesia

Keunggulan Reksadana Pasar Uang Dibanding DepositoDapat anda lihat sendiri bukan betapa jauh perbedaan setoran awal yang dibutuhkan antara investasi pada reksadana pasar uang dengan investasi pada deposito berjangka.

2. Bisa Dicairkan Kapan Saja

Nah ini dia kelebihan reksadana pasar uang yang paling mencolok bila dibandingkan dengan deposito. Jika pada deposito sobat akan dikenakan pinalti jika mencairkan uang sebelum jatuh tempo maka berbeda dengan reksadana pasar uang.

Sobat dapat mencairkan uang anda yang berada pada reksadana pasar uang kapanpun sesuai keinginan sendiri. Tidak ada potongan atau pinalti yang akan dibebankan kepada sobat semua.

Bahkan bisa saja pada hari ini sobat membeli reksadana pasar uang dan besok langsung menjualnya kembali. Hal ini mungkin saja terjadi dan bisa terjadi tanpa adanya pemotongan apapun terhadap uang sobat.

Jadi reksadana pasar uang sangat cocok untuk sobat yang ingin berinvestasi dengan jangka waktu yang tidak terlalu panjang dan bila sewaktu-waktu membutuhkan uang tersebut bisa dengan mudah mencairkannya tanpa khawatir akan terkena pinalti seperti pada deposito.

Untuk informasi saja, bila sobat mencairkan deposito sebelum waktu jatuh temponya maka akan dikenakan pinalti dengan kisaran 0.5% sampai 3%. Cukup merugikan bukan ?

Pada poin kedua ini saya yakin sobat sudah merasa tertarik dengan keunggulan yang bisa didapat dengan berinvestasi pada reksadana. Oleh karena itu mari kita lanjutkan ke penjelasan selanjutnya tentang keunggulan reksadana pasar uang dibanding deposito.

3. Bebas Pajak

Semua reksadana tidak dikenakan pajak oleh negara yang menyebabkan anda akan mendapatkan profit yang lebih besar. Berbeda dengan deposito yang dikenakan pajak oleh pemerintah. Pajak yang dikenakan pada keuntungan yang didapat dari deposito diatur pada angka 20%.

Dua puluh persen merupakan angka yang cukup besar bukan ? Ini menjadi suatu keunggulan yang sangat menggiurkan untuk berinvestasi pada instrumen reksadana pasar uang yang sama sekali tidak dikenakan pajak.

Saya akan memberikan contoh perhitungannya:

Bayangkan anda memiliki uang 10 juta yang anda depositkan dengan imbal hasil 5% per tahunnya, maka:

Rp 10.000.000 x 5% = Rp 500.000 ⇒ Imbal hasil Per tahunnya

Maka Rp 500.000 tersebut harus dikurangi dengan pajak 20% dan anda pada akhirnya akan menerima Rp 400.000 saja. Berkurang cukup banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan bukan ?

4. Return Lebih Besar

Pastinya sobat semua ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dalam investasi. Oleh karena itu poin ini saya letakan paling akhir karena menjadi poin yang paling menarik untuk anda yang masih ragu dalam memutuskan untuk berinvestasi reksadana pasar uang.

Saya akan menyajikan gambar yang saya dapatkan dari Kontan.co.id tentang besaran bunga deposito.

Keunggulan Reksadana Pasar Uang Dibanding Deposito

Dapat dilihat deposito memberikan bunga pada kisaran angka 5%. Sekarang coba kita lihat imbal hasil beberapa reksadana pasar uang unggulan.

Keunggulan Reksadana Pasar Uang Dibanding Deposito
Sumber: Bareksa.com

Diatas merupakan imbal hasil dari Reksadana Pasar Uang: Sucorinvest Money Market Fund

Imbal hasilnya ada pada angka 6.56% untuk periode 1 tahunnya. Namun angkai ini bukanlah angka pasti, bisa naik bisa juga turun kedepannya dipengaruhi oleh banyak faktor. Namun biasanya tetap akan berada di atas deposito.

Saya akan memberikan satu contoh lagi untuk sobat:

Sumber: Bareksa.com

Diatas merupakan imbal balik dari reksadana pasar uang: Syailendra Dana Kas

Tidak berbeda jauh bukan dari Sucorinvest Money Market Fund dan pastinya tetap berada diatas bunga deposito.

Masih ragu untuk berinvestasi reksadana pasar uang ?

Saya rasa sobat semua pasti sekarang sudah bisa menilai sendiri mana yang lebih baik, apakah reksadana atau deposito.

Namun pilihan untuk berinvestasi tetap murni ada di tangan anda masing-masing. Apa yang saya tuliskan disini hanya menjadi saran dan opini yang tidak wajib anda ikuti. Semoga anda bisa memilih instrumen investasi yang cocok untuk anda dan mampu mendapatkan profit yang memuaskan.

Terima kasih telah membaca artikel terkait “Keunggulan Reksadana Pasar Uang Dibanding Deposito”

Semoga bisa menambah wawasan anda terkait investasi reksadana.

Ayo Bagikan Informasi ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *