5 Hal yang Anak Muda Harus Ketahui Tentang Reksadana

(Last Updated On: 9 Juni 2018)

Hal yang Anak Muda Harus Ketahui Tentang ReksadanaPada umunya generasi muda suka dengan yang namanya tantangan, namun beranikah kalian mengambil resiko dalam hal berinvestasi ? Ada beberapa hal yang anak muda harus ketahui tentang reksadana, yang pastinya sangat cocok dengan kalian semua.

Sebagai anak muda, pastinya kalian tidak ingin kalah bukan dengan orang dewasa yang bisa menghasilkan uang sendiri, sekarang kalian juga sudah bisa loh untuk menghasilkan uang secara mandiri.

Jadi kalian tidak perlu lagi tuh untuk meminta uang jajan kepada orang tua, bahkan kalian mungkin bisa ngejajanin adek kalian atau bahkan ngejajanin doi.

Ya jadi tunggu apa lagi !

Ini lah :

5 Hal yang Anak Muda Harus Ketahui Tentang Reksadana:

1. Mudah

Hal yang Anak Muda Harus Ketahui Tentang ReksadanaAnak muda jaman sekarang pastinya ingin semuanya serba mudah bukan ?

Jangan membayangkan investasi sebagai sesuatu yang sulit, dan bahkan menurut saya pelajaran yang ada di bangku sekolah dan bangku kuliah itu jauh lebih sulit dibandingkan berinvestasi, kalian tidak percaya ?

Coba rasakan sendiri supaya kalian bisa percaya hehehe.

Kalian pasti membayangkan kalau terjun ke dunia investasi kalian akan dibayang-bayangi oleh angka, perhitungan, grafik dll, yang akan membuat kalian pusing kan ? Namun hilangkan semua pikiran tersebut, jaman sekarang investasi itu mudah kawan, terlebih dalam berinvestasi reksadana.

Menurut saya, berinvestasi reksadana itu merupakan cara berinvestasi yang paling mudah dan paling menguntungkan terutama bagi anak muda.

Bayangkan, kalaupun kalian tidak mengerti apa-apa tentang ekonomi, karena kalian jurusan IPA. Hal tersebut bukanlah masalah.

Lah Kok Bisa ???

Iya lah pastinya bisa, karena begini,

Reksadana itu memberikan kalian kemudahan dalam memutar uang yang kalian investasikan, uang yang kalian investasikan akan dikelola oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya.

Bayangkan kalian akan pergi ke suatu tempat yang tidak anda ketahui, bukankah lebih mudah untuk mencapai tempat tersebut ketika mobil kalian dikendarai oleh orang yang mengetahui medannya dibandingkan anda yang membawa mobil itu sendiri.

Sama hal nya berinvestasi, bila kalian benar-benar buta dengan yang namanya ‘Investasi’, kalian tidak perlu lagi khawatir, karena semua uang yang anda investasikan akan dikelola oleh orang yg berpengalaman.

Jadi cukup setorkan uang, dan tunggu beberapa saat lalu kalau kondisi pasar sedang baik maka yang perlu kalian lakukan hanya menikmati kepuasan ketika uang kalian bertambah.

Jadi jangan lagi berpikir berinvestasi itu sulit

Karena sekarang sudah ada yang namanya ‘”REKSADANA”

2. Modal Receh

Hal yang anak muda harus ketahui tentang reksadana yang kedua adalah Reksadana dapat dimulai dengan modal yang tidak besar.

Saya sangat memahami kondisi keuangan kalian, terutama pelajar dan mahasiswa yang belum bekerja dan masih meminta uang jajan dari orangtua.

Yang namanya investasi erat kaitannya dengan kata “MAHAL”, namun hal tersebut tidak berlaku bagi investasi reksadana.

Coba kalian cek di dompet atau tabungan kalian masing-masing, adakah uang sebesar 100 ribu rupiah ?

Pastinya ada dong, selamat kalian bisa memulai berinvestasi dengan hanya 100 ribu rupiah

Murah banget kan ?

Memang dunia telah berubah, investasi yang dulu ‘katanya’ mahal, sekarang bisa dimulai dengan uang yang sangat minim sekali.

Inilah kenapa investasi reksadana sangat cocok bagi kalian yang masih muda-muda dan belum bekerja. Kalau biasanya kalian meminta uang 100 ribu kepada orangtua untuk hang out bareng temen, coba sekarang kalian minta uang tersebut untuk investasi, pasti orang tua kalian akan sangat bangga terhadap kalian.

Bayangkan kalau kalian secara rutin menyetorkan dana 100 ribu untuk berinvestasi reksadana setiap bulannya maka kalian akan mendapatkan uang 1,2 juta pada akhir tahun, dan itu hanya uang pokoknya, belum ditambah dengan keuntungannya.

Saya beri contoh, bila kalian berinvestasi pada Reksadana saham, yang mana resikonya besar namun return nya juga menjanjikan

Kalian menyetorkan dana sebesar 100 ribu per bulan, maka dapat dilihat pertumbuhan uang kalian dari gambar dibawah

Hal yang Anak Muda Harus Ketahui Tentang Reksadana
Sumber : Bareksa.com

Ya, anda akan menghasilkan uang sebesar 380 ribu tanpa ribet, cukup dengan rutin menyetorkan dana anda sebesar 100 ribu per bulannya.

Walaupun kelihatannya menguntungkan, namun jangan lupa juga dengan adanya faktor resiko yang ada…

Untuk Reksadana Saham, waktu investasi yang paling cocok adalah sekitar 5 tahun keatas

Bila kalian ingin berinvestasi hanya sekitar 1 tahun kurang, maka yang cocok adalah Reksadana Pasar Uang

Untuk mengetahui tentang reksadana berserta profil resikonya kalian dapat membacanya di  :

Kalau kalian mau mencoba-coba untuk menghitung uang yang bisa kalian dapatkan dengan berinvestasi reksadana, maka kalian dapat mencoba menggunakan kalkulator investasi yang disediakan oleh Bareksa :

Cukup pilih jenis reksadana dan produknya beserta tanggal investasinya lalu kalian dapat melihat hasil investasi kalian berdasarkan data historikal reksadana tersebut.

Modal investasi yang kecil merupakan salah satu hal yang anak muda harus ketahui tentang reksadana. Jadi walau dapat dimulai dengan modal kecil. Namun hasil yang diberikan sangat menjanjikan bukan ? Mulai tertarik untuk berinvestasi reksadana kan ?

3. Tidak Memakan Waktu yang Banyak

Hal yang Anak Muda Harus Ketahui Tentang ReksadanaHal yang anak muda harus ketahui tentang reksadana yang ketiga adalah minimnya waktu yang harus diluangkan untuk berinvestasi reksadana.

Di karenakan dengan berinvestasi reksadana maka kalian menyerahkan uang kalian untuk dikelola oleh ahli. Maka kalian tidak perlu meluangkan waktu yang banyak untuk mengawasi aset kalian. Cukup mempercayakannya kepada manager investasi, lalu sesekali memantau kinerjanya.

Analoginya, pasti bila kalian memiliki supir, kalian tidak perlu mengawasi proses menyetirnya setiap waktu bukan ? Hal ini karena semua urusan terkait mengemudi sudah kalian percayakan kepada supir anda, yang perlu anda lakukan hanya sekali-sekali mengecek apakah sudah sampai atau belum.

Pelajar dan mahasiswa pasti memiliki kewajiban untuk belajar, dan bukan mencari uang. Oleh karena itu pasti kalian akan lebih besar mengalokasikan waktu kalian untuk belajar bukan ?

Jadi walau waktu luang kalian sedikit, kalian tetap bisa berinvestasi karena berinvestasi reksadana tidak membutuhkan waktu yang banyak, sehingga kalian tetap memiliki waktu untuk belajar dan bermain juga.

Jadi tidak ada tuh alasan takut mendapat nilai yang jelek karena tidak memiliki waktu belajar karena sedang berinvestasi reksadana.

Menyenangkan bukan bila bisa mendapat nilai bagus serta bisa menghasilkan uang sekaligus ?

Jadi tunggu apa lagi, mari berinvestasi reksadana…

4. Aplikasi Online

Hal yang Anak Muda Harus Ketahui Tentang ReksadanaGenerasi jaman sekarang tidak bisa dipisahkan dari gadget dan internet, oleh karena itu investasi juga sekarang mulai merangkul generasi muda dengan menerbitkan aplikasi berbasis online.

Hal yang anak muda harus ketahui tentang reksadana adalah bahwa sekarang sudah banyak aplikasi online yang memungkinkan kalian untuk membeli reksadana secara online.

Kalau dulu, untuk membeli reksadana kalian harus pergi ke bank dan membelinya disana.

Sekarang cukup sekali klik di gadget kalian masing-masing dan BOOM, kalian sudah bisa membeli suatu reksadana.

Kalian bisa membeli reksadana di dua platform yang terkenal di Indonesia, yaitu IPOT Fund dan Bareksa

Kalau di Bareksa.com kalian hanya bisa membeli reksadana, sedangkan di IndoPremier kalian juga bisa membeli saham sekaligus reksadana. Hanya pilihan saham di IPOT Fund masih tidak selengkap yang ada di Bareksa.

Kalian dapat membaca artikel perbandingan IPOT Fund dan Bareksa di :

  • IPOT Fund Vs Bareksa

Untuk membeli reksadana secara online, pastinya kalian perlu mendaftar terlebih dahulu ke platform yang menjual reksadana, bisa IPOT Fund atau Bareksa.

Namun sebenarnya yang menjual reksadana bukan hanya 2 platform yang telah disebutkan diatas. Namun memang yang paling populer adalah kedua platform tersebut.

Selain untuk membeli reksadana, di aplikasi tersebut kalian juga bisa melakukan riset terkait produk reksadana tertentu, sehingga kalian bisa menentukan mana produk reksadana yang paling baik.

Disediakan juga tools yang akan membantu anda, jadi tidak perlu menganalisis secara manual. Bila tidak ingin repot biasanya dari tim riset akan memberikan rekomendasi reksadana yang akan memberikan kalian keuntungan yang maksimal.

Jadi dengan adanya aplikasi pembelian reksadana secara online, maka akan lebih memudahkan generasi muda yang pastinya sudah lebih melek teknologi untuk mulai berinvestasi reksadana.

5. Aman

Hal yang Anak Muda Harus Ketahui Tentang ReksadanaHal yang anak muda harus ketahui tentang reksadana selanjutnya adalah faktor keamanan.

Pasti akhir-akhir ini kalian pernah mendengar tentang investasi bodong yang sangat merugikan banyak pihak bukan ?

Hal tersebut bisa muncul karena masih kurangnya wawasan masyarakat Indonesia tentang investasi yang legal. Oleh karena itu sebagai generasi muda yang nantinya akan menggantikan orang dewasa sekarang, ada baiknya untuk belajar berinvestasi yang legal.

Untuk kalian ketahui, reksadana sendiri sudah diawasi oleh OJK, bagi anak IPS pasti sudah mengenal ya apa itu OJK.

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga yang akan mengawasi jalannya investasi reksadana kalian. jadi tidak perlu takut dengan adanya penyalahgunaan terhadap dana kalian. Bila kalian menemukan adanya keanehan, kalian juga bisa melapor loh ke OJK.

Selain itu uang yang kalian setorkan juga akan Rekening Dana Investor (RDI) dan tidak menjadi satu dengan rekening milik sekuritas.

Sehingga akan mengurangi kemungkinan terjadinya penggelapan dana untuk tujuan pihak tertentu.

Kesimpulan :

Dengan berinvestasi reksadana sedini mungkin, maka kalian akan mendapatkan banyak manfaat.

Selain itu, keren kan kalau masih muda sudah bisa menghasilkan uang secara mandiri ?

Oleh karena itu, berdasarkan penjelasan diatas. Maka instrumen investasi reksadana merupakan salah satu contoh investasi terbaik bagi kalian kaum muda yang tidak ingin ribet.

Walau tidak ribet, namun investasi reksadana ini dapat memberikan keuntungan yang maksimal dengan resiko yang terukur.

Jadi sekarang, sudahkah kalian tertarik untuk berinvestasi reksadana ?

Bila kalian sudah tertarik namun masih bingung bagaimana cara untuk berinvestasi reksadana, maka kalian bisa membaca artikel :

Sekian artikel yang bisa saya sajikan untuk anda

Berinvestasilah selagi masih muda, agar bisa mencapai kebebasan finansial saat tua nanti…

Terima Kasih

 

 

 

 

 

Ayo Bagikan Informasi ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *