6 Hal Penting Saat Memilih Sekuritas

(Last Updated On: 7 Juni 2018)

Selamat datang kembali di artikel yang berjudul “6 Hal Penting Saat Memilih Sekuritas”. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih broker atau perusahaan sekuritas untuk investasi atau trading saham. Sehingga anda dapat memilih sekuritas yang tepat untuk anda.

6 Hal Penting Saat Memilih Sekuritas :

1. Legalitas Sekuritas

Hal ini menjadi hal yang paling penting dalam menentukan sekuritas, anda pasti tidak mau kan menginvestasikan uang anda melalui broker saham yang ilegal ?

Suatu sekuritas bisa disebut legal bila terdaftar resmi di website BEI dan semua aktivitas keuangannya diawasi oleh OJK ( Otoritas Jasa Keuangan ). Selain itu sekuritas juga harus memiliki Surat Persetujuan Anggota Bursa (SPAB)

Dengan memilih perusahaan sekuritas yang terdaftar resmi di IDX dan diawasi oleh lembaga-lembaga resmi maka anda akan bisa melaporkan masalah yang ada ke BEI (Bursa Efek Indonesia) ataupun ke Bapepam-LK (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan), sehingga anda dapat merasa tenang dan tidak takut terhadap kemungkinan penyalahgunaan terhadap uang anda.

Untuk Melihat daftar-daftar sekuritas yang resmi, anda dapat melihatnya di website resmi IDX dengan mengkliknya DISINI.

Memilih sekuritas yang legal menjadi sangat penting di tengah kondisi maraknya penipuan yang terjadi di masyarakat kita.

Jadilah masyarakat yang cerdas, sehingga tidak mudah diiming-imingi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Cek Biaya Transaksi

Semua orang pasti menyukai semua hal yang gratis. Namun seperti yang anda ketahui bahwa di dunia ini tidak ada yang gratis, sama halnya dalam berinvestasi saham. Ada biaya yang dibebankan kepada anda dala setiap transaksi yang anda lakukan.

Setiap kali anda melakukan transaksi jual-beli saham perusahaan sekuritas akan menerapkan biaya terhadap jumlah transaksi anda. Jumlahnya memang tidak besar, dan diberlakukan dalam bentuk persentase. Fee dari transaksi jual beli saham sudah ada aturannya, aturannya adalah

Fee Beli :  < 0,20%

Fee Jual :  <0,30%

Anda dapat memilih broker dengan biaya transaksi yang tidak terlalu mahal agar anda dapat memaksimalkan keuntunan dari setiap penjualan atau pembelian saham anda. Anda dapat melakukan perbandingan antara masing-masing broker saham dalam hal biaya transaksi dan menentukan yang termurah, namun fee yang murah belum tentu menjamin kualitas dari pelayanan sekuritas tersebut.

Jadi jangan menjadikan fee jual/beli sebagai satu-satunya patokan dalam menentukan sekuritas yang baik. Anda juga harus memperhatikan pelayanan yang diberikan oleh sekuritas tersebut sehingga anda mendapatkan value yang lebih dari apa yang ada bayarkan.

3. Jumlah Setoran Awal

Banyak sekuritas yang masih menentukan jumlah minimum bagia anda untuk melakukan setoran awal misalkan Rp 5.000.000-Rp 10.000.000. Mahal sekali bukan ?

Namun anda tidak perlu khawatir, sekarang ini makin banyak perusahaan sekuritas yang memberlakukan setoran awal yang tidak membebani anda sekalian. Cukup dengan Rp. 100.000 ( Seratus Ribu Rupiah ).

Ya benar, dengan seratus ribu rupiah anda sudah dapat membuka rekening saham, murah bukan ?

Sekarang sudah bukan jamannya lagi untuk takut berinvestasi karena tidak memiliki modal yang besar. Terlebih pemerintah sedang menggalang kampanye “YUK NABUNG SAHAM” yang mempermudah seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi investor di pasar modal.

Jadi saran saya bagi anda yang baru memulai untuk berinvestasi saham, pilihlah broker yang memberikan kemudahan dalam melakukan setoran awal, karena belajar berinvestasi saham tidak harus dilakukan dengan nominal yang besar.

4. Memiliki Aplikasi Online yang Berkualitas

Pada era modern ini semua aktivitas sudah bisa dilakukan secara online, begitu juga dengan transaksi saham. Sekarang perusahaan-perusahaan sekuritas sudah banyak yang merilis aplikasi online untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan jual-beli saham.

Sekuritas yang sudah memiliki aplikasi online pasti akan memudahkan anda untuk bertransaksi. Namun kualitas dari masing-masing aplikasi online yang disediakan oleh setiap sekuritas berbeda-beda.

Ada yang memiliki tampilan yang user-friendly namun ada yang memiliki tampilan yang cukup kompleks terutama bagi anda yang masih baru belajar akan sangat merepotkan bukan ?

Jadi sebelum menentukan broker yang cocok, anda perlu melihat bagaimana kualitas dari aplikasi online yang mereka sediakan. Apakah cocok dengan anda ?

Berikut merupakan contoh dari aplikasi online trading dari beberapa sekuritas yang berbeda :

6 Hal Penting Saat Memilih Sekuritas

5. Menyediakan Program Edukasi

Hal ini yang sangat penting untuk anda yang baru memasuki dunia investasi saham. Banyak broker yang sudah menyediakan program edukasi untuk membimbing para nasabahnya untuk makin mengerti seluk beluk dunia investasi saham.

Jangan memilih sekuritas yang jarang menyediakan kelas edukasi bahkan tidak menyediakannya sama sekali.

Karena selain anda tidak bisa belajar lebih dalam terkait dengan dunia saham, hal ini juga menunjukan bahwa sekuritas tersebut tidak memiliki integritas dalam menjalankan bisnisnya.

Program edukasi yang biasanya disediakan dapat berupa :

  1. Webinar ( Seminar Online )
  2. Kelas Pembelajaran
  3. Melalui Forum Edukasi

Dalam memilih broker yang cocok anda perlu memperhatikan hal ini, karena broker yang baik tidak hanya akan mengambil untung dari para nasabahnya, namun juga akan mengedukasi dan membimbing nasabahnya untuk lebih mengenal saham.

6. Memberikan Riset yang Berkualitas

Broker saham yang baik akan memberikan anda riset-riset yang berkualitas terkait dengan kondisi market terkini. Riset yang dibuat oleh sekuritas biasanya dikirimkan pada pagi hari sebelum jam perdagangan dimulai.

Sehingga anda dapat membacanya terlebih dahulu dan menentukan saham apa yang akan ada beli.

Riset dari broker saham biasanya berisi :

  1. Saham-saham berpotensi
  2. Analisis kondisi market

Bila anda memilih broker yang tepat pasti anda akan merasakan manfaat dari riset-riset ini secara langsung. Riset-riset yang diberikan kepada nasabah biasanya cukup terpercaya karena riset ini dilakukan oleh para expert di bidangnya. Selama ini riset yang diberikan oleh sekuritas sudah cukup bila anda baru belajar mengenai saham, namun bila anda ingin menganalisis berdasarkan apa yang telah anda pelajari terkait analisis saham hal itu juga tidak masalah.

Kesimpulan :

Dalam memilih broker saham yang baik anda harus memperhatikan 6 hal utama yaitu :

  1. Legalitas
  2. Biaya Transaksi
  3. Minimal Setoran Awal
  4. Aplikasi Online yang Berkualitas
  5. Program Edukasi yang Disediakan
  6. Riset yang Terpercaya

Hal-hal diatas hanyalah panduan dasar untuk memilih broker saham yang baik menurut penulis, namun untuk memilih broker yang cocok untuk anda dikembalikan kepada tangan anda masing-masing.

Pilihlah broker yang membuat anda nyaman.

Dikarenakan ada permintaan untuk menambahkan rekomendasi Sekuritas, maka sekuritas yang menurut penulis bagus dan memenuhi semua hal diatas adalah :

  1. IndoPremier Sekuritas
  2. Mirae Asset Sekuritas
  3. Mandiri Sekuritas

Namun saya sendiri tetap menggunakan IndoPremier sekuritas karena cocok dengan saya, dan semua pelayanannya selama ini cukup memuaskan bagi saya.

Sekian tulisan saya mengenai 6 Hal Penting Saat Memilih Sekuritas, semoga dapat membantu anda semua yang masih kebingungan dalam memilih sekuritas yang baik. Bila ada pertanyaan bisa anda tanyakan di kolom komentar atau melalui laman Contact Us.

Terima Kasih

 

 

Ayo Bagikan Informasi ini :

2 thoughts on “6 Hal Penting Saat Memilih Sekuritas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *