Dampak Perang Dagang Terhadap Bursa Saham

(Last Updated On: 27 Agustus 2018)

Dampak perang dagang terhadap bursa saham sudah mulai dirasakan oleh kita semua. Terlihat dari menurunnya beberapa index saham belakangan ini. Perang dagang memang menjadi salah satu hambatan bagi perkembangan ekonomi global.

Sebelum melanjutkan ke hal yang lebih dalam ada baiknya anda memahami apa itu perang dagang menurut kamus ekonomi.

Apa itu Perang Dagang?

Perang Dagang adalah sebuah konflik ekonomi di mana negara memberlakukan pembatasan impor satu sama lain, untuk merugikan perdagangan satu sama lain.

Hal diatas dapat tercermin dari keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang cenderung membatasi impor dari negeri tirai bambu (Cina). Hal tersebut juga dilakukan oleh negara Cina dengan menaikan tarif 128 produk dari Amerika untuk membalas keputusan yang diambil oleh Trump.

Perang Dagang kali ini digadang-gadang oleh Trump sebagai pembalasan dari aksi pencurian kekayaan intelektual yang telah dilakukan oleh China selama bertahun-tahun terakhir.

Efek Perang Dagang Terhadap Negara Indonesia

Sektor ekspor merupakan salah satu pemasukan terbesar bagi negara Cina. Dengan pemberlakuan tarif, otomasi sektor ekspor negara tersebut akan terhambat dan pada akhirnya ekonomi  negara Cina pun akan terhambat.

Sebagai negara ke-2 dengan ekonomi terbesar di dunia maka terhambatnya pertumbuhan ekonomi negara Cina akan memberikan efek bagi negara di sekitarnya. Efek negatif dari perang dagang ini sudah terasa hampir di seluruh negara di Asia tidak terkecuali Indonesia. Ada kemungkinan besar bahwa ekonomi Indonesia akan terhambat juga.

Terlebih baru-baru ini Presiden Trump mengancam Indonesia akan memberlakukan tarif terhadap 124 produk asal Indonesia menyusul adanya defisit dalam hubungan dagang dengan Indonesia. Jelas dengan adanya ancaman ini maka ekonomi Indonesia akan terpengaruh dan investor luar negri akan enggan menginvestasikan dananya di Indonesia dalam waktu dekat.

Dengan adanya ancaman dari Trump juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pelemahan rupiah. Walau sebenarnya pelemahan rupiah bukanlah hal yang tidak wajar karena hampir seluruh mata uang di negara Asia tertekan kenaikan Dollar Amerika.

Apa Efek Perang Dagang Bagi Bursa Saham Indonesia?

Kepala Badan Koordinasi Modal (BKPM) Thomas Lembong menuturkan Indonesia menerima dampak negatif dari adanya perang dagang antara Cina dan Amerika.

Yang jelas dengan perkembangan perang dagang ini bursa saham anjlok, pasar modal ambruk ya, dan itu bisa akibatkan sentimen investasi buruk, kata  Thomas.

Apa yang dikatakan oleh Kepala Badan Koordinasi Modal, Thomas Lembong benarlah terjadi sekarang. Dapat kita semua lihat bahwa beberapa hari terakhir ini IHSG terus tergerus turun ke titik terendahnya. IHSG bisa turun disebabkan oleh Net Sell asing yang tinggi. Banyak dana investasi dari investor asing yang keluar dari pasar modal Indonesia.

Keluarnya modal asing dari Indonesia jelas mempengaruhi kestabilan dari IHSG dan tentunya akan mempengaruhi perkembangan pasar modal Indonesia.

Dampak perang dagang terhadap bursa saham yang telah memberikan efek negatif ke Indonesia juga diperparah oleha ancaman Presiden Donald Trump.

Pemerintah Indonesia melalui Kemendag (Kementerian Perdagangan) sudah melakukan pendekatan terhadap Amerika. Bila pendekatan ini gagal dan Amerika melakukan tarif terhadap produk ekspor dari Indonesia maka sudah jelas bahwa pasar modal Indonesia akan tergoncang.

Secara ringkasnya efek perang dagang terhadap pasar modal indonesia dapat dilihat pada gambar di bawah:

Dampak Perang Dagang Terhadap Bursa Saham
Sumber: Grup Telegram

Kesimpulan :

Perlu anda ketahui juga bahwa sebenarnya penurunan IHSG ini disebabkan oleh faktor eksternal. Penurunan ini tidak mempengaruhi kinerja emiten saham. Bila pemerintah berhasil mengembalikan stabilitas hubungan luar negerinya maka saya yakin IHSG bisa kembali meningkat dan meneruskan kenaikannya.

Penurunan IHSG ini merupakan celah yang baik bagi para investor saham untuk membeli saham-saham berundamental baik dengan harga yang murah. Namun jangan juga menaruh semua modal anda disaat kondisi pasar modal sedang tidak kondusif. Gunakanlah prinsip proporsionalitas.

Semua keputusan untuk berinvestasi ada sepenuhnya di tangan anda. Lakukan yang menurut anda tepat dan nikmati profitnya.

Sekian artikel terkait Dampak Perang Dagang Terhadap Bursa Saham, semoga bisa membantu anda untuk mengerti terkait efek yang ditimbulkan oleh perang dagang AS-Cina.

Terima Kasih

Ayo Bagikan Informasi ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *