4 Langkah Memulai Investasi Saham

(Last Updated On: 14 Juni 2018)

Terkadang saat memulai hal baru pasti anda merasa bingung. Sama hal nya saat memulai berinvestasi saham. Sebenarnya banyak masyarakat modern yang ingin berinvestasi saham namun masih bingung cara untuk memulainya. Oleh karena itu saya akan menjelaskan cara memulai investasi saham dengan bahasa yang mudah anda mengerti.

Untuk gambaran besarnya, anda dapat menonton video singkat nya :

Video Singkat Cara Memulai Investasi Saham”

Cara untuk memulai berinvestasi saham  tidak sulit dan saya percaya anda pasti bisa melakukannya dengan mudah. Cukup ikuti langkah-langkah yang akan saya berikan agar anda dapat memulai bertransaksi di pasar modal.

Cara Memulai Investasi Saham

1. Tentukan Perusahaan Sekuritas ( Broker Saham )

Sebelum anda bisa membeli saham, yang anda perlukan adalah broker, apa itu broker ?

Broker saham atau yang sering disebut dengan perusahaan sekuritas adalah sebuah lembaga keuangan yang akan menghubungkan investor individu dengan Bursa Efek Indonesia. Sehingga anda akan bisa membeli saham yang ada di bursa.

Ada cukup banyak perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia. Untuk mengetahui lebih detil hal yang perlu anda perhatikan dalam menentukan Sekuritas yang baik, anda dapat membacanya disini :

2. Buat Rekening Saham

Setelah anda menentukan broker saham yang anda inginkan, maka anda juga pasti akan membuat rekening saham disana bukan ?

Caranya adalah dengan mendaftarkan nama beserta semua data-data anda ke sekuritas tersebut.

Pendaftaran sekuritas sekarang sudah menggunakan teknologi online, jadi anda akan diminta terlebih dahulu mendaftar online baru anda diminta untuk mengirimkan berkas-berkas anda.

Secara umum anda yang akan diperlukan dalam membuat rekening saham adalah :

  1. Fotokopi ID Card (KTP/KITAS/Passport)
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi Cover Depan Buku Tabungan
  4. NPWP ( Tidak Wajib )

Bagi anda yang belum memiliki NPWP tidak wajib menyertakannya

Setelah memiliki surat-surat diatas maka anda bisa langsung mendatangi kantor cabang dari perusahaan sekuritas tersebut, namun beberapa sekuritas sekarang sudah memiliki layanan pick-up berkas-berkas anda.

Bila lokasi anda cukup jauh dari lokasi cabang sekuritas tersebut, anda dapat mengirimkannya via pos ke alamat yang dituju, yaitu kantor cabang dari sekuritas.

Setelah mengirimkannya anda cukup menunggu sekitar 7 hari kerja untuk menggunakan akun anda. Setelah akun anda jadi, maka anda akan menerima nomor RDI yang anda miliki beserta PIN untuk login ke aplikasi trading.

3. Setorkan Deposit Awal

Sekarang-sekarang ini, investasi saham sudah sangat dimudahkan bagi anda semua, bagaimana tidak, uang yang anda perlukan untuk melakukan deposit awal hanya sebesar Rp 100.000, namun masih ada tetap beberapa broker yang mematok harga-harga minimum untuk deposit awal misalkan Rp 5.000.000.

Namun bagi anda yang baru memulai investasi saham, ada baiknya untuk memulai dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu.

Untuk menyetorkan uang ke Rekening Dana Investor (RDI) milik anda caranya mudah, cukup seperti transfer biasa.  Secara tidak langsung dengan menyetorkan dana awal, anda akan mengaktivasikan RDI anda untuk membeli saham.

4. Download Aplikasi Trading Online

Bila sekuritas anda memiliki aplikasi online trading, maka anda cukup mendownloadnya di Appstore atau pun di Google Play Store.

Setelah selesai mendownload, anda cukup login dengan ID dan password yang anda gunakan untuk mendaftar secara online, setelah itu masukan juga PIN yang telah diberikan oleh perusahaan sekuritas kepada anda.

Sekarang akun anda sudah siap untuk bertransaksi di pasar modal.

Mudah bukan cara untuk masuk ke investasi saham ?

Jadi tunggu apa lagi, jangan ragu untuk berinvestasi karena akan memberika manfaat yang sangat besar bagi anda semua.

Terima Kasih

Bonus : InfoGrafik Tentang Saham

Cara memulai investasi saham

 

 

 

 

 

Ayo Bagikan Informasi ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *