5 Aplikasi Android Wajib Investor Saham

(Last Updated On: 15 Juni 2018)

Pasti setiap dari anda sekarang sudah memiliki gadget di tangan anda masing-masing, atau bahkan sekarang anda sedang membaca artikel ini melalui gadget anda ? Melalui artikel ini saya akan menjelaskan 5 aplikasi wajib investor saham.


 

Memang benar zaman sekarang kehidupan kita tidak dapat terpisahkan dari teknologi terutama gadget kita masing-masing, namun sebagai investor sudahkah anda mengetahui “5 Aplikasi Android Wajib Investor Saham” yang dapat membantu anda dalam mengawasi investasi anda.

Header Aplikasi Saham

Mari kita lihat satu per satu apa saja aplikasi yang disarakan oleh Admin InvestaZee untuk investor Saham

1. RTI Bussiness

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi wajib terpenting yang harus dimiliki oleh semua investor saham, baik pemula maupun yang sudah ahli sekalipun.

Aplikasi ini menyediakan banyak data terkait dengan saham diantaranya :

  • Grafik Real Time IHSG dan Emiten Saham
  • Data-data Fundamental Suatu Emiten
  • Kalender Corporate Action

Aplikasi RTI Bussiness ini menyediakan grafik realtime terkait kondisi market, sehingga anda dapat dengan mudah menentukan apa yang harus anda lakukan pada saat kondisi market tertentu secara realtime.

Melalui aplikasi ini anda juga dapat mengecek data-data fundamental dari suatu perusahaan, seperti contohnya rasio-rasio keungan, kepemilikan emiten, dan grafik keungan suatu emiten secara langsung.

Dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah adanya fitur kalender terkait dengan Corporate Action.

Apa sih Corporate Action itu ?

Corporate Action adalah suatu tindakan emiten yang memberikan hak kepada seluruh pemegang saham dari jenis dan kelas yang sama seperti hak untuk menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), hak untuk memperoleh dividen tunai, saham dividen, saham bonus, Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu, Waran, atau hak-hak lainnya.

Dengan adanya fitur ini anda dapat mengetahui jadwal-jadwal terkait dengan pembagian dividen, RUPS, ataupun Right Issue secara mudah dan pastinya hal tersebut sangat berguna bagi anda dalam menentukan langkah berinvestasi.

Sc :

Kelengkapan dari fitur diataslah yang membuat RTI Bussiness menjadi aplikasi wajib investor saham yang akan sangat membantu.

2. StockBit

StockBit merupakan aplikasi sosial media nya para investor saham. Mekanisme kerja dari StockBit  ini mirip dengan Facebook, dimana tersedia timeline bagi anda yang ingin mempost suatu informasi terkait dengan saham.

Melalui aplikasi ini anda dapat mengetahui beragam informasi terkait dengan saham, terdapat pula banyak artikel-artikel yang ditulis oleh para ahli terkait dengan isu terkini yang terjadi di pasar modal.

StockBit menyediakan cukup banyak fitur, diantaranya :

  • Watchlist
  • Stream
  • Virtual Online Trading
  • Data Emiten

Watchlist merupakan fitur yang disediakan oleh StockBit sehingga anda dapat dengan mudah mengawasi saham-saham yang telah anda tentukan, sehinggan anda tidak akan kelewatan satu pun hal terkait dengan update saham tersebut.

Stream merupakan fitur unggulan di StockBit, bagaimana tidak, anda dapat membagikan informasi penting melalui post dengan sangat mudah. Anda pun dapat dengan mudah membaca semua post yang telah dirilis oleh User lain sehingga anda dapat mengetahui isu terbaru secara lebih cepat.

Virtual Online Trading memberikan anda kebebasan untuk membeli saham apapun tanpa takut merasakan rugi. Hal ini karena anda akan diberi modal Virtual sebesar Rp 100.000.000 untuk memulai investasi saham virtual anda. Fitur ini sangat cocok bagi anda yang baru memulai untuk belajar investasi saham, karena anda dapat mengikuti kondisi market terkini dan mengambil tindakan tanpa takut rugi.

Data Emiten yang diberikan oleh StockBit termasuk lengkap. Hal ini pastinya akan sangat memudahkan anda dalam memutuskan langkah dalam berinvestasi saham. Data yang disediakan pun bisa dibaca secara gratis.

Sekarang juga StockBit telah bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas, sehingga anda dapat membuka akun di Sinarmas Sekuritas dan bertransaksi langsung di aplikasi StockBit. Hal ini sangat memudahkan investor dalam melakukan riset sebelum membeli suatu saham.

Sc :

3. Telegram

Telegram merupakan aplikasi chatting yang paling populer diantara seluruh investor saham. BIla anda ingin menemukan banyak grup-grup terkait dengan saham anda dapat mencoba untuk mencarinya disana.

Keunggulan dari telegram dibanding aplikasi chatting lainnya adalah kapasitasnya dalam menampung member yang bisa sangat banyak, sampai mencapai angka lebih dari 10.000 member.

Cukup banyak grup-grup saham yang tersebar di grup telegram seperti contohnya “Analisa Fundamental Saham Indonesia” yang membahas terkait dengan analisis fundamental. Selain itu masih banyak grup-grup yang lain yang bisa anda coba temukan di Telegram.

Sc :

Telegram

4. Investing.com

Aplikasi Investing.com sangat berguna bagi investor saham, karena aplikasi ini menyediakan banyak data terkait dengan dunia ekonomi.

Fitur Unggulan :

  • Commodities
  • Webinars
  • Stock Screener

Commodities sangat berguna bagi investor karena akan memberikan gambaran tentang trend dari suatu komoditas, misalkan harga emas, harga minyak bumi dll. FItur ini akan memberikan anda banyak keuntungan terutama bagi anda yang ingin berinvestasi di bidang pertambangan dan perkebunan.

Webinars juga menjadi fitur unggulan yang disediakan oleh Investing,com. Melalui webinars anda dapat belajar mengenai banyak hal terkait dengan investasi. Kekurangan dari webinars ini adalah bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris, sehingga dapat menyulitkan bagi beberapa orang.

Stock Screener merupakan fitur untuk mencari saham-saham yang memenuhi kriteria yang anda inginkan. Anda dapat menyesuaikan kriteria yang anda inginkan lalu dengan otomatis anda akan disuguhkan saham-saham yang sesuai dengan kriteria anda, sehingga akan memudahkan proses seleksi saham yang berkualitas.

Sc:

Investing.com

 

5. Kontan

Pasti anda bertanya-tanya dimana anda dapat menemukan berita-berita terkait investasi yang terpercaya dan aktual. Disinilah Kontan hadir untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Kontan merupakan portal berita khusus investasi, sehingga disinilah para investor membaca berita-berita terkait investasi. Berita-berita yang disuguhkan pun sangat beragam dan pastinya terpercaya.

Kontan menyediakan banyak bacaan terkait dunia investasi yang hampir dapat dimengerti oleh semua lapisan masyarakat, baik yang sudah terjun lama ke dunia investasi maupun yang baru masuk.

Sc :

Kontan

Sekian tulisan dari admin terkait dengan “5 Aplikasi Android Wajib Investor Saham”, semoga dapat membantu para pembaca sekalian. Bila ada pertanyaan mohon tanpa ragu untuk dapat menuliskannya di kolom komentar atau langsung menghubungi penulis di laman Contact Us.

Terima Kasih….

 

 

 

Ayo Bagikan Informasi ini :

2 thoughts on “5 Aplikasi Android Wajib Investor Saham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *