Apa Itu Analisis Saham ?

(Last Updated On: 8 Juli 2018)

Pasti dari kalian masih banyak yang belum mengetahui apa itu analisis saham, kenapa perlu dianalisis dll. Namun salah satu ilmu yang tidak akan pernah ada habisnya adalah ilmu untuk menganalisis saham itu sendiri, ilmu ini selalu akan berkembang dan berubah secara dinamis mengikuti perkembangan dunia ekonomi. Cukup sulit pastinya bagi saya bila saya harus menjelaskan dasar analisis saham ini secara mendetil, karena topik pembahasannya akan menjadi sangat luas, namun bagi anda yang baru memulai, ada beberapa cara mudah dalam menganalisis saham yang tidak perlu ribet.

Pada dasarnya, analisis saham dibagi menjadi dua, yaitu :
  1. Analisis Fundamental
  2. Analisis Teknikal

Tidak banyak bukan ? Namun segera anda akan mengetahui betapa banyak dan bervariasinya teknik dalam menganalisis saham, namun tenang saja, saya tidak akan menjelaskan terlalu dalam sehingga membuat anda bingung, cukup memahami konsep dasarnya saja sudah cukup bagi yang baru belajar investasi saham. Karena seiring berjalannya waktu, anda akan semakin banyak tahu, belajarlah secara berkala dan pasti anda akan lebih mengerti, dan yang terpenting, jangan lupa untuk mempraktekannya ya di pasar modal.

Untuk mudahnya ilmu untuk menganalisis saham diciptakan untuk membantu para investor dan traders saham untuk mencapai tujuannya masing-masing. Investor memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang dengan memilih saham-saham berfundamental baik yang belum terlalu mahal.

Sedangkan para trader saham memiliki pandangan untuk mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan volatilitas harga saham (membeli di harga murah dan menjual di harga tinggi). Walaupun sama-sama mengejar keuntungan maksimal namun cara yang ditempuh bermacam-macam.

Oleh karena itu ada dua analisis saham yang utama yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental demi menyediakan sarana analisis yang tepat.

Untuk hal yang lebih mendetil terkait dengan analisis saham bisa klik tulisan analisis fundamental dan teknikal diatas.

Belajar mengenai analisis saham tidak bisa dilakukan secara cepat dan sehari mengerti. Namun harus dipelajari melalui praktek langsung dan literasi yang cukup banyak, waktu yang diperlukan juga tidaklah sedikit.

Belajar analisis saham memerlukan dedikasi yang tinggi. Oleh karena itu anda perlu berjuang. Sekian penjelasan dari saya.

Terimakasih

Ayo Bagikan Informasi ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *